Senin, 13 Februari 2012

Harley Davidson Model K


Awal tahun 50-an, sepeda motor Inggris mencapai kejayaan dan merambah hampir ke seluruh dunia termasuk Amerika.  Tiga besar merk sepeda motor Inggris, yaitu Triumph, BSA dan Norton begitu populer di Amerika, yang membuat Harley Davidson harus meluncurkan sepeda motor baru untuk meredam invasi sepeda motor Inggris. Sepeda motor produk baru dari HD ini haruslah berukuran lebih kecil dari Big Twin 1200cc HD yang kesohor, namun unggul dalam kecepatan. Maka, pada tahun 1952 lahirlah Harley Davidson Model K Sport yang diproduksi hingga tahun 1953. Model K adalah sepeda motor yang benar-benar baru dari HD, baik teknologi, ukuran maupun penampilannya. Model K varian awal ini dilengkapi dengan mesin V twin 750cc (45ci), dengan posisi klep berada di samping (side valve) layaknya Harley seri W. Dibanding seri W, model K memiliki noken as, karburator dan kompresi yang lebih besar. Boleh dibilang, mesin Model K ini menggabungkan antara teknologi pada seri W, Big Twin dan tekonologi sepeda motor Inggris, sehingga menghasilkan desain mesin yang unik. Model K telah mengadopsi suspensi teleskopik pada suspensi depannya, dan model lengan ayun pada suspensi belakangnya. Pengoperasian kopling tidak lagi diinjak seperti halnya pada model Big Twin, tetapi menggunakan tangan seperti pada sepeda motor Inggris. Dengan kopling yang dioperasikan dengan tangan, maka pemindah gigi tidak lagi dioperasikan dengan tangan, tetapi menggunakan kaki kanan. Kaki kiri mengoperasikan tuas rem belakang, lagi-lagi mengacu kepada sepeda motor Inggris. Model K dilengkapi girboks 4 kecepatan, tidak seperti Big Twin yang memiliki 3 tingkat kecepatan. 


Harley Davidson Model K Sport 1952 




Pada tahun 1953, Harley Davidson meluncurkan model KK. Model KK diperkenalkan dengan performa yang lebih ditingkatkan, antara lain racing cams yang lebih besar, modifikasi pada karburator, serta porting silinder untuk menyesuaikan dengan modifikasi cam dan karburator. Pada tahun yang sama, HD juga meluncurkan model KR, di mana KR lebih ditujukan untuk turun di balapan flat, dirt, atau grass tracker. Model KR sukses di arena balap maupun di pasaran hingga bertahan produksinya sampai tahun 1969. (KR dilanjutkan dengan model XR).

Harley Davidson Model KK Sport 1953


Harley Davidson Model KR 1953



Harley Davidson Model KR 1961 


Pada tahun 1954, Model K dan KK digantikan dengan Model KH dan KHK. Dengan peningkatan pada kapasitas mesin menjadi 885cc, dan penambahan pada langkah stroke. Ukuran silinder lebih panjang untuk menyesuaikan dengan penambahan langkah stroke. Racing cams pada Model KH berukuran lebih besar dari pendahulunya, bahkan lebih besar lagi cams yang ada pada Model KHK. Lubang porting diperbesar untuk mengantisipasi naiknya kapasitas silinder. Model KH dan KHK diproduksi hingga tahun 1956, dan menjadi embrio lahirnya sepeda motor paling laris dalam sejarah Harley Davidson...XL Sportster.


Harley Davidson KH 1956



Harley Davidson KHK 1956



Elvis Presley dan KH 1956



Harley Davidson XL Sportster 1957 (perhatikan kepala silindernya yang sudah mengadopsi OHV Ironhead)




(MYR Feb 2012)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar