Ada beberapa sepeda motor di bunia ini yang paling menarik minat para kolektor dan museum untuk memilikinya. Mungkin kita akan mengira bahwa Indian dan Harley Davidson tipe tertentu akan menjadi pilihan. Mungkin ada benarnya, tetapi tidak ada sepeda motor di dunia ini yang begitu memiliki pesona yang menjadi rebutan para kolektor, selain Brough Superior dari Inggris dan Crocker dari Amerika. Tapi kali ini kita akan membahas secara singkat tentang Crocker. The Crocker Motorcycle Company didirikan oleh Albert Crocker pada tahun 1932 dengan produksi pertamanya adalah sepeda motor balap speedway satu silinder. Crocker hanya diproduksi sesuai berdasarkan pesanan dengan spesifikasi tertentu bisa disesuaikan dengan keinginan pemesan. Setelah angka produksi sepeda motor speedway mencapai 30 unit, Al tertarik untuk memproduksi sepeda motor V twin dengan kapasitas 61 ci atau sekitar 1000 cc. Crocker 61 ci ini menggunakan kepala silinder dari pabrikan spesialis kepala silinder, yaitu Hemi. Karenanya Crocker 61 ci memiliki tenaga 60hp, di atas rata-rata sepeda motor Indian dan Harley, yang pada saat itu memiliki tenaga berkisar 38-40hp, dengan kecepatan maksimal 110mph. Crocker juga memproduksi sepeda motor untuk pesanan, dengan kapasitas silinder terbesar pada saat itu yaitu sebesar 91 ci atau sekitar 1.500 cc. Selain itu, mereka juga memproduksi Crocker 72 ci atau 1.200 cc. Crocker di atas 1000cc biasa disebut "Big Tank" , model speedway mendapat julukan "Small Tank". Crocker juga memproduksi model scooter pada akhir dekade 30-an.
Crocker Speedway :
Crocker speedway koleksi Barber Motorsport Museum - Photo milik Darrel Collins
Crocker 61ci :
Crocker 72ci :
Selama periode 1936-1942 (Crocker tutup tahun 1942), Crocker yang dipesan berjumlah kira-kira 200 unit, terdiri dari Speedway 40-50 unit, Scooter 40-50 unit, dan Big Tank V twin 100 unit. Setiap unit Crocker dibuat secara handmade, dengan detail yang sangat indah dan rapi, dibuat sesuai dengan keinginan pemesan, dan dibangun di fasilitas produksi milik Al sendiri. Pemesan dapat memilih warna, lis krom, dan bahkan perbandingan gigi rasio dan kapasitas silinderpun dapat dipesan sesuai keinginan pemesan. Pemindah gigi menggunakan tongkat di sebelah kiri tanki, tuas kopling model injak di atas footstep sebelah kiri, grip gas di handgrip sebelah kanan. Rangka belakang tanpa suspensi alias rigid, sadel tunggal dengan per di bawahnya, dan suspensi depan model "cangkrang" yang lebih mirip cangkrang sepeda motor Inggris ketimbang cangkrang model Harley Davidson atau Indian. Transmisi 3 kecepatan dirancang untuk dapat menahan torsi yang tinggi, dipadu dengan mesin unik rancangan Al sendiri, membuat setiap unit Crocker benar-benar istimewa. Begitu istimewanya sepeda motor ini, sehingga membuat kendaraan lain menjadi minder dan malu bila beriringan dengan Crocker. Sayangnya modal Crocker tidak sekuat Harley Davidson atau Indian, sehingga pada tahun 1942 Crocker harus tutup. Perang Dunia II juga menjadi salah satu penyebab sepinya pesanan pembuatan Crocker. Harley dan Indian mendapat kontrak dari angkatan darat AS untuk sepeda motor militer, yang membuat mereka dapat bertahan. Albert Crocker sendiri akhirnya mendapat kontrak dari angkatan udara, tetapi bukan untuk produksi sepeda motor militer, melainkan untuk produksi onderdil pesawat, yang akhirnya menjadi bisnis yang lebih menguntungkan. Al Crocker meninggal pada tahun 1961. Karena kelangkaan dan kualitas yang mumpuni, menjadikan Crocker menjadi salah satu sepeda motor yang paling mahal yang pernah ada. Gooding & Co, pada tahun 2006 melelang Crocker 61ci dan laku di harga US$ 236.500. 2006, Bonhams & Butterfly melelang Crocker Hemi-Head 1937, dan terjual di harga US$ 276.500. Sebuah Crocker 61ci 1939, dilelang oleh Bator International di California pada tahun 2006, dan laku terjual di harga US$ 200.000. Pada tahun 2007, MidAmerica Auctions melakukan lelang atas Crocker Big Tank 1941, dan terjual di harga US$ 230.000.
Crocker 1941 Big Tank yang terjual US$ 230.000 pada tahun 2007 :
Crocker Scootabout 1941 :
Mesin Crocker 61ci Vtwin yang dikawinkan dengan rangka dan body Rudge Speedway :
Tampang asli Rudge speedway :
Video :
1940 Crocker Scootabout
BalasHapushttps://www.google.co.nz/books/edition/WALNECK_S_CLASSIC_CYCLE_TRADER_JULY_1991/ZX1HwpLo5AgC?hl=en&gbpv=1&dq=scootabout&pg=PA35&printsec=frontcover
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus